Word
Posted by
MICROSOFT WORD 2010
1.
Mengenal
Microsoft Word
Microsoft
word adalah program untuk mengolah kata. Juga bisa digunakan untuk menulis
dokumen seperti karya tulis,novel, dsb. Selain itu juga dapat digunakan membuat
tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, dll.
Tampilan
kerja program Ms.Word terdiri atas Title Bar, Menu Bar, dan Ruler.
1.
Title
Bar memuat nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol Minimize,
Maximize/Restore, dan Close.
2.
Menu
Bar memuat perintah yang terdiri dari sub-sub perintah sesuai kategorinya.
Sebagai contoh perintah file terdiri dari sub-sub perintah yang berkaitan
dengan dokumen seperti Save, Open, dsb.
3.
Tool
Bar memuat tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah
yang sering digunakan seperti tool Open dan Print.
4.
Ruler
berfungsi untuk mempermudah mengatur letak halaman. merupakan kotak pengukuran
yang di letakan secara horizontal yaitu
diatas dokumen dan secara vertikal yaitu di sebelah kiri dokumen.
5.
Status
Bar merupakan baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang
sedang ditampilkan seperti Page dan Words.
2.
Membuat,
Menyimpan, Menutup, dan Membuka dokumen.
Ø
Untuk
membuka dokumen baru bisa melakukan langkah sbb:
Klik
menu File > New kemudian pilihlah tombol Create. Sebelum memulai dokumen,
sebaiknya atur properti dahulu karena dapat mempengaruhi hasil cetakan.
Pengaturan dapat dilakukan dengan menggunakan menu page Layout yang terdiri
dari Margins,Ukuran Kertas,dll
Ø
Untuk
menyimpan dokumen baru, Klik menu File > Save atau Save As sehingga muncul
kotak dialog Save As di dalamnya kita lakukan pengaturan sebagai berikut:
§
File
name
§
Save
as type
§
Klik
tab save
Kemudian
untuk menyimpan dokumen lama yang sudah diedit, klik File > Save As seperti
menyimpan dokumen baru.
Ø
Untuk
menutup dokumen dapat dilakukan cara Klik menu File > Exit lalu klik tombol
Close Window Yang terdapat di dalam Title Bar.
Ø
Membuka
Dokumen yang telah disimpan dapat dilakukan cara Klik menu File > Open
kemudian klik tombol Open yang terdapat dala Tool bar.
3.
Menggunakan
penomoran dan penandaan
Sering di jumpai dalam penulisan teks dengan
penomoran(numbering) dan penandaan(bullet). Ms.Word menyediakan failitas Bullet
and Numbering untuk membuat variasi dalam penulisan teks.
4.
Menggunakan
tabel
Penggunaan
tabel dalam dokumen berguna untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk
membuat tabel dapat dilakukan cara, Klik menu Insert > Table kemudian muncul
kotak dialog terus kita menentukan banyaknya kolom dan baris yang dibutuhkan
seperti Number of column (banyaknya kolom), Number of rows(banyaknya baris),
autofit behavior(lebar kolom).
5.
Menyisipkan
Objek
Ø
Menyisipkan
Gambar
Gambar
yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar(clip art) yang
telah ada di Ms.word.
Untuk
menyisipkannya dapat di lakukan cara klik menu Insert > Picture > clip
art kemudian pada bagian search for di Task Pane ketikan kata petunjuk yang
berkaitan dengan gambar yang akan kita gunakan.
Untuk
menyisipkan gambar dari file Klik menu Insert > Picture kemudian muncul
kotak dialog lalu pilih gambar yang diinginkan.
Ø
Menyisipkan
WordArt
Teks
yang dibuat menggunakan WordArt akan lebih menarik dan bervariasi, cara
membuatnya Klik menu Insert > WordArt lalu muncul WordArt Gallery kemudian
pilih kreasi teks yang diinginkan kemudian ketikan teks.
6.
Menyisipkan
Header dan Footer
Digunakan
untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dll. Langkahnya Klik menu View
> Header and Footer
7.
Borders,
Shading, Dan Drop cap
Untuk
memberikan garis pembatas pada halaman dengan cara klik Menu Page Layout >
Page Borders sedangkan Shading untuk mewarnai satu baris, kalau Drop cap untuk
membuat huruf pertama menjadi besar dengan cara klik menu Insert > Drop cap.
8.
Membuat
Kolom
Apabila
kita akan membuat kolom dapat di lakukan dengan cara klik menu Format >
Column.
9.
Cara
Mengurutkan Data Teks dalam Tabel Ms.Word
Pengurutan data dapat berupa dari
kecil ke besar (Ascending, A-Z) atau dari besar ke kecil (Descending, Z-A)
dapat dilakukan dengan cara Klik tabel yang akan diurutkan kemudian dari menu
Table Tools klik Layout > Sort untuk Mulai mengurutkan.
10. Mencetak dokumen
Sebelum
mencetak dokumen sebaiknya kita cek terlebih dahulu dengan cara klik menu File
> print preview. Jika sudah seuai untuk mencetaknya dengan cara klik menu
file > print kemudian muncul kotak dialog print lalu lakukan pengaturan
hasil cetakan yang dikehendaki jika sudah klik Ok.
0 komentar:
Posting Komentar